Minggu, 07 April 2013

Ma'had Al-Madinah Surakarta ( Jawa Tengah )



NAMA DAN ALAMAT MA'HAD
 Ma'had Al-Madinah
Surakarta - Jawa Tengah

DAFTAR PENGAJAR
1/ Al-Ustadz Muhammad Naim, Lc
2/ Al-Ustadz Jauhari


RADIO DAKWAH
 Radio Almadinah


WEBSITE MA'HAD
 http://almadinah.or.id/


PROGRAM PENDIDIKAN


I. Profil Yayasan Al Madinah

Yayasan Al Madinah adalah salah satu di antara sekian banyak yayasan Islam yang ada di Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Yayasan Al Madinah didirikan pada tanggal 17 Jumadil Akhir 1417 H, bertepatan dengan 30 September 1996. Yayasan ini bergerak dalam bidang dakwah dan pendidikan, yang diwujudkan dengan serangkaian kegiatan yang diantaranya adalah mendirikan lembaga-lembaga pendidikan formal dan informal, serta mengadakan majelis-majelis ta’lim.

II. LATAR BELAKANG PEMIKIRAN

Seiring dengan perkembangan waktu, beragam masalahpun semakin tinggi tingkat kompleksitasnya. Setiap permasalah yang kita hadapi merupakan tantangan untuk bisa diselesaikan sehingga memberikan dampak yang baik bagi kita semua. Tak terkecuali umat Islam, dalam masa sekarang ini harus sedemikian rupa menyiapkan diri mengantisipasi berbagai dampak negative dari laju arus globalisasi. Kemudahan dalam mengakses teknologi dan informasi tidak selalu membawa dampak yang positif jika kita tidak pandai-pandai memahami situasi dan kondisi yang ada. Di antara yang menjadi sorotan paling tajam pada umat Islam dalam menyongsong era globalisasi adalah masih terbatasnya sumber daya manusia yang berkualitas. Keterbatasan ini tak hanya pada aspek penguasaan teknologi dan hal-hal yang bersifat dhohir semata, namun juga meliputi hal-hal yang bersifat spiritual (moral). Sebab tanpa didasari kekuatan spiritual (moral) yang mengacu pada nilai-nilai diniyah, maka penguasaan teknologi dan hal-hal yang bersifat dhahir hanya akan menjadi bumerang bagi peradaban manusia itu sendiri.

Dengan berbagai keterbatasan yang meliputi umat itulah Yayasan Al Madinah didirikan. Kehadiran Yayasan Al Madinah lebih difokuskan kepada pemberdayaan kaum muslimin baik dalam aspek spiritual maupun material. Dalam aspek spiritual, Yayasan Al Madinah berupaya melakukan pencerahan terhadap keyakinan, pemikiran, dan amaliah kaum muslimin dengan merujuk kepada Al-Quran dan As-Sunah sesuai pemahaman salafu ash-shalih, yakni sesuai dengan yang telah digariskan Rasulullah dan sahabatnya. Adapun dalam aspek material, Yayasan Al Madinah berusaha melakukan langkah-langkah praktis dengan mencermati berbagai potensi umat yang sekiranya bisa ditumbuhkembangkan bagi kesejahteraan kaum muslimin.

Tentu saja hal tersebut tidak mungkin terwujud secara optimal tanpa adanya kerjasama dengan kaum muslimin dan berbagai instansi terkait lainnya

III. Tujuan

1. Bersungguh-sungguh dalam penyebaran dakwah dengan merujuk kepada Al-Qur’an dan As-sunah selaras dengan pemahaman salafu ash-shalih, yakni sesuai dengan yang telah digariskan oleh Rasulullah dan para sahabatnya.

2. Melaksanakan beragam aktifitas dalam rangka spiritual maupun material.

0 komentar:

Poskan Komentar